KULIAH UMUM DAN MoU STAI NATUNA DENGAN KEMENTERIAN AGAMA RI

Demi pengembangan kajian khazanah keagamaan di Natuna, STAI Natuna mengadakan kegiatan kuliah umum dan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Natuna dengan PUSLITBANG Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI oleh Dr. Muhammad Zain, M.Ag. kegiatan tersebut dilaksanakan di kampus STAI Natuna.

Penandatanganan Mou oleh Dr. Muhammad Zain, M.Ag., dengan Ketua STAI Natuna H. Kartubi, SE.,M.EI.,

Kegiatan yang bertema pengembangan kajian khazanah keagamaan Nusantara tersebut di hadiri oleh LEKTUR Khazanah keagamaan RI, segenap civitas akademika STAI Natuna dan juga dihadiri oleh kepala Dinas Pendidikan kabupaten Natuna serta dihadiri oleh kementerian Agama Kabupaten Natuna dan juga dihadiri ketua MUI Kabupaten Natuna. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada (22/03/2018) malam. Kegiatan MOU tersebut bertujuan untuk melakukan penulisan buku  terkait dengan sejarah islam masuk di Natuna.

Kegiatan tersebut diawali dengan tarian persembahan dari sanggar tapak melayu STAI Natuna dan dilanjutkan Pembacaan ayat suci Al-quran  kemudian dilanjutkan  sambutan Ketua STAI Natuna. Dalam sambutannya Ketua STAI Natuna mengatakan bahwa kegiatan kuliah umum dan penandatangan MoU ini sudah lama di rencanakan tetapi karena sesuatu hal baru sekarang bisa dilaksanakan. Dan beliau mengatakan banyak terima kasih kepada bapak Muhammad Zain yang sudah berkenan hadir di Natuna untuk melakukan MoU terkait dengan penulisan buku Sejarah masuknya islam di Natuna yang nanti akan dilakukan penelitian-penelitian bukti sejarah peradaban islam di Natuna.

Kuliah Umum oleh Dr. Muhammad Zain, M.Ag.

Dr. Muhammad Zain M.Ag selaku LEKTUR Khazanah Kegamaan kementerian Agama RI mengatakan dalam sambutannya bahwa Natuna sangat jauh sekali dan itu sangat luar biasa sekali menurut saya. Beliau juga berpesan kepada mahasiswa itu untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi lagi kerena untuk zaman sekarang tidak susah lagi. Menurut beliau sekarang sudah banyak beasiswa-beasiswa yang bisa di ikuti oleh mahasiswa untuk melanjutkan kuliahnya oleh karena itu harus terus-menerus berusaha dan jangan menyerah untuk mencari ilmu karena menurut bapak Muhammad Zain untuk menciptakan suatu daerah yang golongan kelas menengah keatasnya lebih tinggi diperlukan sarjana-sarjana yang berkualitas.

Kemudian lebih lanjut beliau mengatakan bahwa kegiatan khazanah keagamaan ini bertujuan untuk memperteguh keislaman di Indonesia oleh karena itu dilakukan kerjasama dengan Natuna karena Natuna ini memiliki sejarah keagamaan yang tinggi karena menurutnya sejarah Islam di Natuna ini merupakan sejarah Islam yang damai bukan Islam yang masuk karena perang. Dan beliau berharap bahwa penelitian yang akan dilakukan ini akan cepat dilaksanakan dan akan dicetak dan disebarluaskan. Jadi menurutnya Natuna ini penting bagi bangsa Indonesia karena untuk membentengi NKRI.(AZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *