Wed. Mar 29th, 2023

Selamat Datang di Website Resmi STAI Natuna

Berpikir Global Bertindak Lokal

Komunikasi dan Penyiaran Islam

PRODI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

            Komunikasi Penyiaran Islam Merupakan salah satu Program Studi yang ada di Kampus Sekolah Tinggi Agama Isam Natuna.Jurusan KPI memusatkan kajiannya pada tiga bidang, yaitu Khithabah (Tabligh, dan dakwah), Kitabah (tulis menulis), dan Broadcasting (Penyiaran).Untuk menunjang tiga ranah di atas, saat ini terdapat beberapa organisasi atau lembaga yang bisa menjadi penunjang  dalam jurusan KPI, seperti: Lembaga Dakwah Kampus yang mewadahi mahasiswa dengan minat ceramah, pidato dan retorika serta keagamaan lainnya.

          Bagi Mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam menulis  seperti berita, artikel, buku, novel, cerpen, dan karya sastra lain bernuansa dakwah dapat bergabung dalam organisasi Surat Kabar Mahasiswa ISLAMIKA . Dan Radio Pratama Natuna, yang merupakan tempat yang menampung mahasiswa yang berminat memperdalam spesialisasi bidang broadcasting (penyiaran) , termasuk teknologi dakwah melalui media internet. Sarana laboratorium radiopun disiapkan untuk menunjang praktek mahasiswa KPI.


VISI DAN MISI

 

VISI

” MENJADIKAN PROGRAM STUDI KPI SEBAGAI PUSAT PENGEMBANGAN DAKWAH DAN PENYIARAN ISLAM MULTIMEDIA BERBASIS TAMADUN MELAYU 2025 “

MISI

  1. MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN TINGGI YANG MAMPU MELAHIRKAN LULUSAN UNGGUL, KOMPETITIF, DAN BERAKHLAK MULIA.
  2. MELAKUKAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DIBIDANG KOMUNIKASI DAKWAH DAN PENYIARAN DALAM KONTEKS KEARIFAN LOKAL.
  3. PENERAPAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM MELALUI MULTIMEDIA
  4. MELAKUKAN PENYULUHAN DAN BIMBINGAN PADA MASYARAKAT.
  5. MENJALIN KERJASAMA DALAM PENGEMBANGAN DAKWAH DENGAN LEMBAGA LINTAS SEKTOR

Read More

PROSPEK KERJA BAGI JURUSAN KPI

PENYIAR

Lulusan Komunikasi dan Penyiaran Islam pastinya akan memiliki kemampuan penyiaran sebagai salah satu keahlian khusus dari Prodi KPI dan ini sebagai bekal untuk dunia kerja bagi lulusan KPI.

Master of Ceremony (MC)

Bila announcer dan presenter hanya tertuju dalam sebuah media massa saja, maka pekerjaan sebagai MC pun bisa diposisikan dalam berbagai perhelatan event. Menjadi MC tentu membutuhkan kualitas gaya bicara yang baik, pandai menempatkan diri, dan mampu membawa acara menjadi sesuai harapan. Unsur – unsure komunikasi tentu terdapat di dalamnya. Meskipun bisa dipelajari secara otodidak, namun lulusan Ilmu Komunikasi tentu memiliki keahlian menjadi MC yang dipelajari dalam studinya

Praktisi periklanan / Advertising

Iklan! Ya, terdengar sepele, namun mempengaruhi kita, kan? Salah satu dalang dan tangan – tangan kreatif di balik berbagai iklan yang bertebaran di berbagai media ini adalah lulusan Ilmu Komunikasi, lho. Mereka berusaha mempengaruhi publik dengan pesan – pesan produk barang ataupun jasa yang ingin disampaikan, melalui pesan dan media yang unik serta kreatif agar siapapun yang melihatnya tergugah untuk membeli, menggunakan ataupun mempercayainya. Proses penyampaian pesan yang menarik, kan! Dalam iklan, semakin menarik dan membuat penasaran, maka semakin sukses dan efektif pula iklan tersebut. Prospek kerja dalam dunia advertising bagi lulusan Ilmu Komunikasi, antara lain sebagai project leader advertising, copy writer, camera person, media planner, dan lain – lain.

JURNALISTIK

Selain penyiaran mahasiswa komunikasi juga dibekali kemampuan jurnalistik yang bisa dipakai untuk dunia kerja bagi lulusan KPI

Announcer dan presenter

Kemampuan menyampaikan pesan dengan baik dan dapat menarik perhatian khalayak, tentu menjadi bagian yang dipelajari oleh lulusan Ilmu Komunikasi. Kemampuan tersebut pun sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang announcer atau penyiar radio, hingga menjadi seorang presenter di televisi, baik untuk acara olahraga, berita resmi, gossip, dan lain – lain.

 

Marketing Communications

Lulusan Ilmu Komunikasi juga bisa menjadi orang yang duduk manis di kantor, menyusun dan merancang strategi – strategi komunikasi pemasaran yang tepat bagi perusahaan. Ya, menjadi marketing communications tidak semata – mata mengedepankan unsure pemasaran dari ilmu bisnis saja. Lulusan Ilmu Komunikasi diharapkan dapat mejadikan pemasaran menjadi lebih efektif dan menarik, salah satunya dengan menyusun strategi komunikasi yang tepat dilihat dari segmentasinya, bagaimana pesannya, apa medianya dan mau seperti apa tujuan yang diharapkan. Hal ini tentu menantang bagi siapapun yang menjalaninya.

website RESMI STAI NATUNA

Untuk info lebih lanjut silahkan klik link dibawah ini